Rabu, 14 Oktober 2015

STMIK BUMIGORA MATARAM


 
 SEJARAH 

Komputer adalah produk teknologi untuk membantu  menyelesaikan proses dengan tingkat kecepatan, keakuratan, dan kecermatan tinggi. Teknologi informasi sebagai teknologi yang memanfaatkan komputer dalam segala bentuk sehingga meningkatkan kegiatan (aktifitas) dari suatu kegiatan disegala bidang. Ilmu komputer merupakan kebutuhan yang mendesak untuk segera dipelajari dan dikembangkan.Salah satu wujud   realisasinya adalah melalui pendidikan formal.
Tantangan tersebut segera dijawab dengan didirikanya “ Yayasan  Pendidikan Eksekutip Komputer”  Akte Notaris Nomor : 39 tanggal 26 September   1987 dihadapan Notaris Abdullah, SH. di Mataram, diikuti dengan berdirinya Perguruan Tinggi Komputer dengan nama Sekolah Tinggi Teknologi Komputer Bumigora (STTK Bumigora).
Gagasan untuk mendirikan Perguruan Tinggi tersebut sesungguhnya telah dirintis sejak tahun 1987, namun karena ada kebijaksanaan baru  mengenai Pendidikan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) oleh Dirjen Dikti No. 2834/D/T/1987, tanggal 26 September 1987 dan Nomor : 086a/D/T 88, tanggal 16 Januari 1988, rencana tersebut tertunda dan baru dapat diwujudkan dalam tahun akademik 1989/1990 atas  dasar :
  1. Surat Petunjuk dari Kopertis Wilayah VIII, Nomor : 117/Kop.8/N/1989 tanggal 11 Mei 1989 perihal Pendirian PTS Baru.
  2. Rekomendasi Gubernur Kepala daerah Tingkat I Propinsi NTB Nomor : 421.4/873/008 tanggal 15 Juni 1989
  3. Rekomendasi Bupati Kepala Daerah Tingkat II Lombok Barat Nomor : 425.12/563 tanggal 26 Juni 1989.
 Keberadaan lembaga pendidikan STMIK Bumigora tersebut kemudian semakin dimantapkan lagi dengan dikeluarkannya surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan melalui Koordinatir Perguruan tinggi swasta (KOPERTIS) Wilayah VIII yang memberi status terdaftar untuk jenjang studi Strata 0 (S0) program studi Diploma tiga (D3) Manajemen Informatika, berdasar surat keputusan nomor 0390/O/1991 tertanggal 22 Juni 1991 sekaligus merubah nama Sekolah Tinggi Teknologi Komputer (STTK) menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bumigora Mataram. Beberapa waktu kemudian, yaitu tanggal 8 Januari 1992 dengan surat keputusan nomor 026/O/1992, program diploma tiga (D3) Teknik Informatika mendapat status Terdaftar.
Memperhatikan sistem pengelolaan kedua program studi tersebut dinilai cukup baik, STMIK Bumigora diperkenankan pula untuk menyelenggarakan jenjang studi Strata Satu (S1) program studi Teknik Informatika dengan status Terdaftar berdasarkan surat keputusan nomor 608/DIKTI/EP/1993 tertanggal 23 Nopember 1993. Serta menunjuk surat dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi nomor 699/D4.II/1998 perihal penyelenggaraan Program D2 dan D1, sejak tahun Akademik 1998/1999 STMIK Bumigora Mataram membuka jenjang pendidikan D1 dan D2 Manajemen Informatika Komputer dengan status Terdaftar.
Sebagai perguruan tinggi yang taat pada peraturan pemerintah dan undang-undang tentang pendidikan tinggi, STMIK Bumigora secara tertib melaporkan laporan EPSBED (Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri) ke Direktorat Pendidikan Tinggi, serta melakukan perpanjangan program studi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. STMIK Bumigora juga sangat memperhatikan standar kualitas perguruan tinggi yang telah ditetapkan DIKTI dengan mengajukan akreditasi bagi program studi S1 Teknik Informatika, D3 Teknik Informatika, dan D3 Manajemen Informatika.  Program Studi S1 Teknik Informatika telah terakreditasi dengan nilai C dengan nomor SK  015/BAN-PT/Ak-X/S1/VII/2007 tertanggal 10 Juli 2007. Program Studi D3 Teknik Informatika dan D3 Manajemen Informatika telah terakreditasi dengan nilai C dengan nomor SK 024/BAN-PT/Ak-VIII/Dpl-III/I/2009 tertanggal 10 Januari 2009.
Pada bulan November 2009, STMIK Bumigora memperoleh sertifikat internasional ISO 9001:2008 untuk Pengelolaan Akademik dari Badan Sertifikasi Internasional UKAS-URS yang berpusat di London Inggris. Ke depan STMIK Bumigora bertekad untuk meningkatkan Akreditasi agar mutu penyelenggaraan pendididkan dan mutu lulusan dapat lebih diakui oleh masyarakat.
Sebagai perguruan tinggi yang ternama di Kopertis Wilayah VIII (Bali, NTB, dan NTT), STMIK Bumigora telah dipercaya untuk menerima hibah dari berbagai sumber yaitu : Hibah TPSDP ADB Loan pada tahun 2001 dari Asian Development Bank , Hibah Kompetisi Peningkatan Mutu Pendidikan (PHK-PMP) dari DIKTI pada tahun 2006 untuk penguatan Laboratorium Multimedia dan Laboratorium Jairngan Komputer,Hibah Kompetisi PHK TIK K3dari DIKTI pada tahun 2007 untuk membangun jaringan STMIK Bumigora dan INHERENT (Indonesian Higher Education Network), serta pada tahun 2010 memperoleh Hibah MS-IPTEKS untuk penguatan pengelolaan sumber daya IPTEKS perguruan tinggi dan Hibah PHP-PTS untuk pembinaan perguruan tinggi swasta.
STMIK Bumigora terlibat aktif di dalam berbagai program pemerintah seperti sebagai provider (pelaksanan) Program Diploma III Teknik Komputer dan Jaringan (PJJ D3TKJ) yang berada dibawah SEAMOLEC serta telah memperoleh status sebagai Local Academy untuk Java Education Network Indonesia (JENI) dan Cisco Computer Network Administrator (CCNA).Disamping itu STMIK Bumigora berperan aktif dalam merancang e-Government NTB, melalui Asosiasi Masyarakat Telematika NTB yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah NTB.


VISI & MISI
 
 

VISI
Menjadi perguruan tinggi unggulan yang berstandar internasional berbasis teknologi informasi dan komunikasi di Kawasan Timur Indonesia.

MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang unggul untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam iptek dan imtaq, berjiwa wirausaha, dan berdaya saing global.
  2. Mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang mendukung pembangunan nasional.
  3. Mengembangkan manajemen perguruan tinggi yang bermutu menuju Good University Governance (GUG).

TUJUAN
  1. Terciptanya lulusan yang berkualitas, kreatif dan inovatif terhadap perkembangan  teknologi informasi dan komunikasi, berwawasan dan berdaya saing global, bermoral tinggi, berjiwa wirausaha serta mampu mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat luas dalam segala aspek kehidupan.
  2. Meningkatnya penelitian yang inovatif dan kreatif untuk dapat menguasai dan mengembangkan iptek yang dapat mendukung pembangunan nasional.
  3. Meningkatnya publikasi ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional.
  4. Terselenggaranya kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya pada penerapan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung pembangunan nasional khususnya di kawasan timur Indonesia.
  5. Terwujudnya Good University Governance.
 


PENGELOLA 


STMIK Bumigora Mataram dipimpin oleh seorang Ketua dan dibantu oleh Pembantu Ketua I dan Pembantu Ketua II, serta Pembantu Ketua III. Terdapat 2 program studi Teknik Informatika, dan Manajemen Informatika yang dikepalai oleh Ketua Jurusan. Dalam mengelola perguruan tinggi pimpinan diawasi oleh Tim Monitoring dan Evaluasi Internal (MONEVIN) dan Yayasan Pendidikan Eksekutip Komputer (YPEK). Koordinasi antar pimpinan dilakukan secara rutin setiap Jumat dan sewaktu waktu yang bersifat insidentil.
 

PIMPINAN
 


Dr. Ir. Anthony Anggrawan, M.Kom
Ketua STMIK Bumigora
Dyah Susilowati, S.Kom, M.Kom

Dyah Susilowati, S.Kom, M.Kom

Kepala BPP
Dian Syafitri, S.Kom, MDigMMedia

Dian Syafitri, S.Kom, MDigMMedia

Kepala BPM
Khasnur Hidjah, S.Kom, M.Cs

Khasnur Hidjah, S.Kom, M.Cs

Pembantu Ketua I
Ni Gusti Ayu Dasriani, S.Kom

Ni Gusti Ayu Dasriani, S.Kom

Pembantu Ketua II
Ir. Bambang Krismono T., M.Kom

Ir. Bambang Krismono T., M.Kom

Pembantu Ketua III
Ahmat Adil, S.Kom, M.Sc

Ahmat Adil, S.Kom, M.Sc

Kepala LPPM
I Putu Hariyadi, S.Kom, CCNA, CCAI

I Putu Hariyadi, S.Kom, CCNA, CCAI

Kepala PusTIK
Galih Hendro Martono, M.Eng

Galih Hendro Martono, M.Eng

Ka. Prodi S1 Teknik Informatika
Heroe Santoso, S.Kom, M.Kom

Heroe Santoso, S.Kom, M.Kom

Ka. Prodi D3 Teknik Informatika
Helna Wardhana, S.Kom, M.Kom

Helna Wardhana, S.Kom, M.Kom

Ka. Prodi D3 Manajemen Informatika
Muhammad Yunus, S.Kom

Muhammad Yunus, S.Kom

Ka. Laboratorium Komputer
Ahmad Wilda Yulianto

Ahmad Wilda Yulianto

Ka. Bagian Perpustakaan
Ria Rismayati, S.Kom

Ria Rismayati, S.Kom

Ka. Bagian BAAK
Apriani, S.Kom

Apriani, S.Kom

Sekertaris Prodi
Dadang Priyanto, S.Kom, M.Kom

Dadang Priyanto, S.Kom, M.Kom

Ka. Bagian RT
-

  Ka. Bagian Adum & Keuangan

Sahrun

Sahrun

Ka. Bagian Keamanan
Valian Yoga Pudya Ardhana, S.T., M.T.

Valian Yoga Pudya Ardhana, S.T., M.T.

Koordinator Lab. Jaringan
Muhamad Nur, S.Pd., M.Hum.

Muhamad Nur, S.Pd., M.Hum.

Koordinator Lab. Bahasa.


PROGRAM STUDI

S1 Teknik Informatika
Jenjang strata satu S1 STMIK Bumigora mataram adalah program yang dirancang agar para lulusanya nanti memiliki kemampuan atau kompetensi untuk memformulakan masalah yang berkaitan dengan informatika, kemampuan teknis mengaplikasikan konsep atau teori dalam disain dan analisa sistem, memilih dan menggunakan teknik pemrograman dan perangkat lunak aplikasi yang sesuai. Program studi S1 Teknik Informatika memiliki kurikulum berbasis kompetensi yang akan menghasilkan lulusan yang memiliki salah satu dari 3 kompetensi berikut , yaitu kompetensi Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, dan Multimedia.
VISI
  • Menjadi Program Studi S1 Informatika yang memiliki unggulan dibidang implementasi IT di Kawasan Indonesia Tengah dan Timur dengan jejaring Internasional.
 MISI
  1. Mengembangkan strategi promosi dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas mahasiswa.
  2. Mengembangkan strategi pengelolaan proses belajar mengajar agar menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi, studi tepat waktu, dan terserap di pasar kerja.
  3. Mengembangkan kualitas sumber daya dosen sehingga dapat memenuhi tridharma perguruan tinggi dan mendukung pembangunan wilayah NTB.
  4. Mengembangkan strategi peningkatan kesesuaian bidang kerja lulusan.
  5. Mengembangkan kerjasama luar negeri.
 Tujuan Program Studi S1 Teknik Informatika
  1. Terwujudnya strategi promosi yang efektif melalui kerjasama dengan SMU dan SMK favorit di NTB.
  2. Terselenggaranya proses belajar mengajar yang bermutu yang dilengkapi dengan sarana prasarana yang memadai sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang kuat dibidang implementasi IT, berjiwa wirausaha dan berkarakter.
  3. Terselenggaranya kegiatan tridharma perguruan tinggi untuk mendukung pembangunan NTB.
  4. Tercapainya lulusan yang bekerja sesuai dengan kompetensinya melalui peningkatan skill lulusan yang bersertifikasi nasional dan internasional.
  5. Terwujudnya manajemen Prodi yang transparan dan akuntabel melalui penerapan standar penjaminan mutu akademik.

Struktur Organisasi Program S1 Teknik Informatika

struktur-organisasi-s1

KURIKULUM

Kompetensi Utama
Kompetensi Utama terdiri dari perangkat kemampuan (knowledge) yang mutlak diperlukan dalam melakukan pekerjaan merancang dan mengimplementasikan perangkat lunak. Kemampuan melakukan pekerjaan tersebut merupakan esensi yang khas dan sekaligus wajib dimiliki tenaga ahli dalam bidang Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Jaringan Komputer (JK) dan Multimedia (MM). Beranjak dari substansi dan tataran kompetensi tersebut, sehingga kompetensi utama lulusan S1 Informatika diharapkan :
  1. Mampu memahami konsep, prinsip, dan teori dalam ilmu komputer sehingga  mampu menjelaskan mekanisme kerja komputer.
  2. Mampu membuat model solusi sistem berbasis komputer, jaringan dan multimedia.
  3. Mampu memahami metode dan menggunakan tools yang tersedia untuk melakukan spesifikasi, perancangan, implementasi dan evaluasi sistem berbasis komputer, sehingga mampu menganalisa, mendesain dan mengembangkan perangkat lunak berikut pendokumentasiannya.
  4. Memiliki pemahaman konsep-konsep dasar jaringan komputer sehingga mampu menganalisis, merancang, membangun dan mengelola jaringan komputer berskala kecil.
  5. Mampu berkomunikasi dengan efektif baik lisan maupun tulisan dalam kegiatan resmi maupun tidak resmi.
  6. Mampu melakukan penelitian dan karya ilmiah.
 Kompetensi Pendukung
Kompetensi Pendukung merupakan perangkat kemampuan yang berfungsi untuk meningkatkan kemantapan pelaksanaan layanan ahli sesuai dengan jenis dan kewenangannya. Penguasaan kemampuan ini mengukuhkan penguasaan kemampuan utama. Dalam hal ini kompetensi pendukung yang diharapkan :
  1. Memiliki pengetahuan untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan sehingga mampu menciptakan usaha mandiri.
  2. Mempunyai etika dan sikap profesional yang tinggi berdasarkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan kecintaan terhadap tanah air.
  3. Mampu mengembangkan perangkat lunak yang dapat dikombinasikan dengan perspektif/paradigma ilmu lainnya terutama dalam bidang pariwisata dan sumber daya alam NTB.
 Kompetensi Lainnya
Kompetensi lain merupakan kemampuan tambahan yang dapat melengkapi kompetensi pelaksanaan tugas pokok yaitu memiliki softskill seperti bekerjasama dalam tim, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing (Bahasa Inggris) dan mampu mengeksploitasi kemampuan dirinya.
  1. Bisa bekerja bersama secara efektif dalam suatu tim.
  2. Dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.
  3. Mampu mengeksploitasi kemampuan dirinya pada segala bidang yang terkait  informatika.

 S1 Desain Komunikasi Visual (DKV)

Program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) STMIK BUMIGORA  hadir untuk menjawab peluang dan tantangan yang tengah dihadapi oleh masyarakat dan bangsa terutama di wilayah NTB dan kawasan timur Indonesia. Sebagai program studi yang hanya satu-satunya di NTB, program ini dirancang dengan berbagai keunggulan dan penajaman sesuai dengan karakter dan kekhasan daerah yang bersinergi dengan keunggulan STMIK BUMIGORAsebagaimana yang telah diuraikan diatas dengan tetap mengedepankan kebutuhan pemangku kepentingan (stake holder) dalam bingkai penjamiman mutu yang ketat sesuai dengan amanah undang-undang Sisdiknas, PP No. 19 Tahun 2005 dan PP No 32 Tahun 2013. Dengan demikian program studi DKV akan mempercepat pencapaian visi STMIK Bumigora untuk menjadi unggul di wilayah Timur Indonesia.
Tujuan Penyelenggaraan Program Studi (PS)
  1. Menghasilkan sarjana yang kreatif, inovatif, produktif dan berkapasitas handal di bidang desain komunikasi visual yang mampu bersaing di tingkat global.
  2. Menghasilkan lulusan sarjana S-1 yang mampu mengembangkan keahliannya selaras dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang desain komunikasi visual yang sejalan dengan kebutuhan masyarakat.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab profesinya secara mandiri maupun berkolaborasi dengan disiplin ilmu lain.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menemukan gagasan baru dan berpikir paradigmatis dan sistematis dalam proses perancangan karya desain komunikasi visual serta mampu merencanakan program dan strategi komunikasi visual melalui berbagai media komunikasi visual secara kreatif dan profesional.
  5. Menghasilkan lulusan yang berjiwa dan berkapasitas entrepreneur yang mampu menciptakan peluang kerja di bidang industry kreatif, khususnya di lingkup bidang desain komunikasi visual.
 Keunggulan program studi S1 Desain Komunikasi Visual adalah :
  1. Berada pada kampus yang telah memiliki Program Studi yang cukup relevan untuk mendukung keilmuan DKV seperti Prodi S1 Teknik Informatika telah terakreditasi B dengan No. 211/SK/BAN-PT/Ak-XV Prodi D3 Manajemen Informatika dan Prodi D3 Teknik Informatika dan telah terakreditasi C dengan no SK 024/BAN-PT/Ak-VIII/Dpl-III/I/2009.
  2. Akan menjadi satu-satunya Prodi DKV di Nusa Tenggara
  3. Memiliki dosen tetap yang memadai baik dari segi kualitas maupun kuantitas dan berlatar pendidikan yang sesuai Program Studi.
  4. Sudah memiliki fasilitas pembelajaran yang memadai
  5. Memiliki gedung sendiri yang cukup representative
  6. Memiliki berbagai laboratorium yang sangat dibutuhkan termasuk Lab. Bahasa yang cukup memadai
  7. Memiliki program yang bersinergi dengan pemangku kepentingan.
  8. Memiliki kerjasama dengan berbagai instansi Pemerintah maupun Swasta, serta perguruan tinggi.
 Karakteristik program studi S1 Desain Komunikasi Visual adalah :
  1. Berada di bawah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
  2. Kurikulum mengintegrasikan ilmu seni dan desain, komunikasi, multimedia dan teknologi informasi.
  3. Menyelenggarakann proses belajar mengajar yang dirancang sedemikian rupa sehinga lulusan S1 DKV akan memiliki kemampuan sebagai berikut :
    1. melakukan olah visual secara manual maupun digital
    2. Menerapkan sensibilitas estetika tinggi dalam mengolah unsur-unsur disain
    3. Menerapkan sikap manajerial dan kepemimpinan, serta mampu bekerja sama antar disiplin
    4. mengkomunikasikan ide dan memiliki  jiwa kewirausahaan
    5. menyususn strategi komunikasi visual melalui pendekatan berbagai media.
    6. Memiliki ketajaman dalam menganalisa fenomena-fenomena dan permasalahan desain yang terjadi
    7. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, penguasaan terhadap metodologi desain
    8. Mampu mengintegrasikan teori dan metode, konteks budaya serta lingkungan dan dan factor manusia untuk pengembangan bidang desain
    9. Memiliki kreatifitas dan komunikasi terhadap target audience dan media, dalam merumuskan strategi komunikasi yang efektif dan efisient.
    10. Memiliki keahlian dalam merancang komunikasi visual yang efektif dan efisien sesuai dengan permasalahan yang ada khususnya di NTB
    11. Memiliki keahlian teknologi informasi di bidang DKV sesuai dengan institusi induk
    12. Peduli dan bertanggung jawab terhadap perubahan dan perkembangan budaya dan lingkungan
    13. Memiliki keahlian merancang game berbasis teknologi sebagai media penyampaian informasi.
    14. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis karakteristik khalayak dan persoalan bisnis ke dalam desain komunikasi visual. (Desain Grafis).
    15. Mampu menyajikan bentuk komunikasi interaktif yang bersifat kreatif dibidang desain multimedia secara profesional. (Desain Multimedia).
    16. Mampumembuat konsep danberimajinasi tinggi dan mengemplementasikan sebuah rancangan kreatif melalui program Animasi (Digital Animasi)

 D3 Teknik Informatika
Jenjang D3 Teknik informatika STMIK Bumigora Mataram adalah program yang diharapkan dapat Menghasilkan SDM yang profesional di bidang Teknik Informatika yang difokuskan pada Teknik Pemrograman, dan Networking. Program ini memiliki agihan beban studi 110 SKS.  lama studi yang ditawarkan pada jenjang ini adalah 3 tahun, dan lulusan dari jenjang ini dapat memperoleh sebutan Profesional Ahli Madya (AMd).
VISI
Program Studi D3 Teknik Informatika yang memiliki kemampuan dalam bidang jaringan komputer, tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berwawasan global.
MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informatika untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.
  2. Mengembangkan dan mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi melalui kegiatan penelitian berkelanjutan.
  3. Menyebarluaskan dan menerapkan hasil penelitian melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
 TUJUAN PROGRAM STUDI :
  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang bermutu yang dilengkapi dengan sarana prasarana yang memadai sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang kuat dibidang jaringan komputer, berjiwa wirausaha dan berkarakter.
  2. Terselenggaranya kegiatan tridharma perguruan tinggi untuk mendukung pembangunan NTB.
  3. Membekali mahasiswa dengan keilmuan bidang Informatika yang kuat sehingga mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan teknologi informasi.
  4. Terwujudnya manajemen Prodi yang transparan dan akuntabel melalui penerapan standar penjaminan mutu akademik.

STRUKTUR ORGANISASI PRODI

struktur-organisasi-d3ti

KURIKULUM
KOMPETENSI UTAMA
Kompetensi Utama terdiri dari perangkat kemampuan (knowledge) yang mutlak diperlukan dalam melakukan pekerjaan membangun dan mengolah administrasi jaringan komputer. Beranjak dari substansi dan tataran kompetensi tersebut, sehingga kompetensi utama lulusan D3 Teknik Informatika diharapkan:
  1. Mampu memahami konsep, prinsip, dan teori dalam ilmu komputer sehingga  mampu menjelaskan mekanisme kerja komputer.
  2. Mampu membuat model solusi sistem berbasis komputer.
  3. Memiliki pemahaman konsep-konsep dasar jaringan komputer sehingga mampu menganalisis, merancang, membangun dan mengelola jaringan komputer berskala kecil.
  4. Mampu berkomunikasi dengan efektif baik lisan maupun tulisan dalam kegiatan resmi maupun tidak resmi.
  5. Mampu melakukan penelitian dan karya ilmiah.
 KOMPETENSI PENDUKUNG
Kompetensi Pendukung merupakan perangkat kemampuan yang berfungsi untuk meningkatkan kemantapan pelaksanaan layanan ahli sesuai dengan jenis dan kewenangannya. Penguasaan kemampuan ini mengukuhkan penguasaan kemampuan utama. Dalam hal ini kompetensi pendukung yang diharapkan :
  1. Memiliki pengetahuan untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan sehingga mampu menciptakan usaha mandiri.
  2. Mempunyai etika dan sikap profesional yang tinggi berdasarkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan kecintaan terhadap tanah air.
  3. Mampu mengembangkan perangkat lunak yang dapat dikombinasikan dengan perspektif/paradigma ilmu lainnya terutama dalam dunia usaha dan dunia industri baik instansi pemerintah maupun swasta.
 KOMPETENSI LAINNYA
Kompetensi lain merupakan kemampuan tambahan yang dapat melengkapi kompetensi pelaksanaan tugas pokok yaitu memiliki softskill seperti bekerjasama dalam tim, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing (Bahasa Inggris) dan mampu mengeksploitasi kemampuan dirinya.
  1. Bisa bekerja bersama secara efektif dalam suatu tim.
  2. Dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.
 
D3 Manajemen Informatika
Jenjang D3 manajemen informatika diharapkan menghasilkan lulusan yang dapat membangun perangkat lunak pengolahan data dan system informasi untuk aplikasi manajemen dan bisnis sesuai kaidah rekayasa perangkat lunak. Jenjang ini mempunyai agihan beban studi sebesar 110 SKS. Lama studi jenjang ini adalah 3 sampai 5 tahun, dan lulusannya berhak untuk menyandang gelar Profesional Ahli Madya (AMd)
VISI
Menjadi program studi yang unggul di bidang Manajemen Informatika dengan standar internasional  di kawasan Timur Indonesia

MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu di bidang Manajemen Informatika.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang memperhatikan kebutuhan masyarakat untuk mendukung pembangunan nasional khususnya di kawasan Timur Indonesia.
  3. Mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai dengan perkembangan IPTEK.
  4. Memberdayakan kemampuan manajemen informasi yang bermanfaat bagi lingkungan internal dan eksternal (masyarakat).
  5. Menyediakan Sarana dan prasarana yang memadai dan representatif untuk mendukung pelaksanaan tri dharma.
  6. Menjalin kerja sama dengan instansi negeri maupun swasta baik yang ada di dalam maupun luar negeri.
  7. Mengembangkan suasana akademik yang kondusif dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.
 Tujuan Program Studi 
  1.  Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian di bidang Manajemen Informatika, berjiwaentrepreneurship dan bermoral tinggi.
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi masyarakat luas.
  3. Menyediakan  SDM yang berkualitas untuk memberikan layanan yang prima.
  4. Tersedianya sarana dan prasarana yang representatif untuk mendukung proses tri dharma perguruan tinggi yang berkualitas.
  5. Terjalinnya kerjasama dalam upaya meningkatkan kualitas kinerja program studi.
  6. Menciptakan suasana akademik yang kondusif bagi berlangsungnya tri dharma perguruan tinggi yang optimal menuju Good University Governance (GUG).

STRUKTUR ORGANISASI
 
struktur-oraganisasi-d3mi
 
KURIKULUM
KOMPETENSI UTAMA
Kompetensi Utama terdiri dari perangkat kemampuan (knowledge) dan keterampilan yang mutlak dimiliki oleh lulusan Manajemen Informatika dalam membuat perangkat lunak untuk aplikasi manajemen dan bisnis dari spesifikasi yang sudah didefinisikan sesuai kaidah rekayasa perangkat lunak. Beranjak dari substansi dan tataran kompetensi tersebut, sehingga kompetensi utama lulusan  Manajemen Informatika, diharapkan:
  1. Memahami dasar-dasar manajemen, bisnis dan model-model proses pengolahan datanya sebagai bagian dari aktivitas sistem informasi berbasis komputer
  2. Terampil menggunakan teknik dan bahasa pemrograman tertentu untuk membuat aplikasi  manajemen dan bisnis atau sistem informasi untuk keperluan Official small bussines
  3. Mampu membangun aplikasi berbasis client server.
  4. Terampil menggunakan aplikasi perkantoran.
KOMPETENSI PENDUKUNG
Kompetensi Pendukung merupakan perangkat kemampuan yang berfungsi untuk meningkatkan kemantapan keterampilan sesuai dengan jenis dan kewenangannya.  Penguasaan kemampuan ini mengukuhkan penguasaan kemampuan utama. Untuk itu kompetensi pendukung yang diharapkan:
  1. Mempunyai sikap profesional dan etika profesi yang tinggi berdasarkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan kecintaan terhadap tanah air.
  2. Memahami bagaimana cara menempatkan diri dan bekerja di masyarakat dalam perannya sebagai seorang profesional di bidang Manajemen Informatika.
  3. Memahami dasar jaringan komputer
 KOMPENTENSI LAINYA
Kompetensi  lain merupakan kemampuan tambahan yang dapat melengkapi kompetensi pelaksanaan tugas pokok yaitu memiliki soft skill seperti bekerja sama dalam tim, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing (Bahasa Inggris) dan mampu mengeksploitasi kemampuan dirinya, sehingga kompetensi lain yang diharapkan:
  1. Memiliki pengetahuan untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan sehingga mampu menciptakan usaha mandiri.
  2. Bisa bekerja bersama secara efektif dalam suatu tim.
  3. Dapat berkomunikasi manggunakan bahasa Inggris.
  4. Mampu mengeksploitasi kemampuan dirinya pada segala bidang yang terkait Manajemen informatika.



























 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar